PROCESSOR DUALCORE




Intel Perkenalkan Dual Core Celeron
Pengirim: sushi, Sabtu 13 Oktober 2007, 16:10
Dalam beberapa tahun terakhir di mana AMD dan Intel meluncurkanprosesor dual core, kedua perusahaan terus menurunkan hargaprosesor-prosesor dual core yang dijual. Walaupun pada awalnyadual core merupakan sebuah fitur yang dijual dengan hargamahal, harga CPU telah turun dengan drastis. Saat ini, dualcore termurah AMD adalah Athlon 64 X2 3800+ (2GHz) di NewEggdengan harga $59,99 sedangkan dual core Allendale 1,6 GHz dariIntel dijual dengan harga $74,99.

Dan kini, Intel juga berencana untuk menambahkan dualcore ke dalam segmen rendah. Menurut X-bit labs, Intel akanmengumumkan dual core Celeron di kuartal pertama 2008. Prosesordual core Celeron pertama adalah E1200 (1,6GHz dengan 800MHzsystem bus dengan 512K L2 cache). Prosesor nidiperkirakan akan dijual dengan harga antara $34 dan $59 menggantikanCeleron yang ada saat ini.

Karena clock speed dan ukuran cache yang kecil,prosesor-prosesor dual core Celeron Intel diperkirakan tidakakan memiliki kinerja yang baik. Selain itu, masuknya fitur dualcore ke dalam segmen rendah prosesor juga akan menyebabkan rivalAMD membanting harga prosesor segmen rendahnya, atau jugamemperkenalkan fitur dual core untuk prosesor murahnya.

Walaupun hal ini tidak terlihat signifikan, kehadiran produkdual core di semua segmen pasar prosesor sebenarnya cukuppenting. Para programmer selalu mengoptimisasikan aplikasinya untukprosesor yang paling banyak dipakai di pasaran. Apabila hampir semuaprosesor yang terjual mulai saat ini adalah dual core, hal iniakan mempercepat datangnya waktu di mana sebagian besar konsumen disemua segmen akan memakai CPU multi core.




0 komentar: